Katanya Cowok Bule Lebih Pintar dan Open-Minded

Bicara soal cinta, banyak kawan saya yang mengatakan bahwa salah satu alasan mereka memilih bule ketimbang laki-laki Indonesia karena mbak bule hunter merasa bahwa mas bule cenderung open-minded, pandai dan berwawasan luas. Namun, pertanyaan saya adalah apakah yang dimaksud dengan open-minded tersebut? Apa yang membuat mas bule lebih pandai ketimbang pria-pria dari ras lain?

Well… ngomong-ngomong masalah open-minded, apa sih yang sebenernya diharapkan oleh mbak bule hunter tipe ini? Jawabannya sederhana saja! Mbak bule hunter tipe ini ingin mengekspresikan diri tanpa dibatasi dengan norma sosial, aturan agama atau adat istiadat yang berlaku di tengah masyarakat Indonesia.

Tipe mbak bule hunter ini biasanya adalah tipe perempuan Indonesia modern yang mengenyam bangku pendidikan yang cukup berkualitas dan memiliki akses terhadap informasi yang luas.

Sebagaimana kita semua tahu bahwa banyaknya suku bangsa yang tersebar di Indonesia mengakibatkan negara kita kaya akan budaya. Di mana meskipun di tengah deras arus modernisasi dan globalisasi yang masuk ke Indonesia, sebagian besar masyarakat Indonesia masih menjunjung tinggi nilai budaya bangsa yang dimiliki termasuk norma sosial dan aturan agama.

Perempuan Indonesia yang merokok, minum alkohol atau kerap pulang malam kerap dicap sebagai ‘perempuan nakal’. Atau perempuan yang menggunakan baju seksi adalah ‘perempuan murahan’. Atau perempuan yang gonta-ganti pacar adalah ‘perempuan gampangan’. Dan sebagainya… dan sebagainya…

Banyak sekali norma sosial yang udah enggak lagi ideal dengan perkembangan zaman sehingga membuat banyak perempuan enggak bisa mengekspresikan diri mereka. Sehingga, banyak perempuan Indonesia modern yang akhirnya memilih laki-laki bule karena mereka enggak terlalu terikat oleh norma-norma sosial yang berlaku. Meskipun harus saya akui bahwa sebenernya enggak semua laki-laki Indonesia akan berpikir negatif terhadap perempuan Indonesia modern tersebut.

Namun, pertanyaan yang kemudian muncul adalah apakah semua bule open-minded? Atau bule open-minded seperti apa yang ingin mbak bule hunter temui? Jawabannya sederhana, mas bule yang dapat memberikan respect and honesty.

Oh iya…. selain open-minded, mbak bule hunter tipe ini pun memilih laki-laki bule karena mereka menganggap laki-laki bule pandai dan berpengetahuan luas. Sehingga selain mbak bule hunter ini bisa mengekspresikan diri sepenuhnya sebagai perempuan, mereka pun bisa diajak diskusi tentang isu-isu yang hangat dibicarakan oleh media.

Well… sebenernya jika masalah lebih pandai dan berpengetahuan luas, sebenernya banyak juga kok laki-laki Indonesia yang pandai dan berpengetahuan luas. Apalagi di era globalisasi seperti saat ini di mana sebagian besar orang memiliki akses pada teknologi informasi dan pendidikan yang lebih berkualitas, termasuk laki-laki Indonesia.

Namun, karena orang Indonesia sudah terlalu jauh dan terbiasa mengagung-agungkan bule maka bule kerap tampaknya lebih pandai dan berpengetahuan lebih daripada orang Indonesia. Padahal, belum tentu semua bule itu jenius dan berpengetahuan luas.

-Oktofani-

Advertisements

5 thoughts on “Katanya Cowok Bule Lebih Pintar dan Open-Minded

  1. Saya mengakui kalau kategori ini lebih masuk di saya. Berdasarkan pengalaman saya mbak, memang sudah banyak cowok Indonesia yang berpengetahuan luas memang, informasi jaman sekarang gampang didapatkan dan murah/gratis. Tapi masalah yang sering saya temui, rata2 mereka terintimidasi oleh saya karena saya very opinionated, saya mengungkapkan pendapat saya dan saya suka percakapan/debat yang bagus. Cowok Indonesia rata2 maunya cewek yang lebih bodoh dari mereka, yang nurut aja dan cuma ngurus rumah dan anak jadi saya susah jodoh dulu sampai saya kenal dengan pasangan saya yang sekarang.

  2. sebetulnya “open minded” itu krn beda budaya aja. seperti yg penulis bilang, di sini pake baju seksi & mabuk2an itu di budaya kita dinilai buruk, di barat dianggap biasa. tp beda budaya bukan berarti pikiran terbuka. sebaliknya, sesuatu yg dianggap lazim di sini tp tidak lazim di mereka belum tentu bisa mereka terima. masalah agama, misalnya. padahal kalo emang betul openminded, mau mempelajari/mendengarkan ide2 baru atau yg berbeda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s