Tanggapan Penulis Buku “Bule Hunter” atas Artikel di merdeka.com

Merdeka.com – Pada hari Senin (8/9/2014), Bp. Ramadhian mengajukan permohonan wawancara dengan saya, Oktofani Elisabeth, selaku penulis buku Bule Hunter: Money, Sex and Love. Dalam pembicaraan melalui telepon, saya menyetujui permohonan wawancara berkaitan dengan profiling saya sebagai penulis buku Bule Hunter:Money, Sex and Love. Senin sore, saya bertemu dengan dua reporter merdeka.com di bilangan Senayan untuk melakukan wawancara.

Setelah membaca pemberitaan di merdeka.com, saya merasa kecewa karena terdapat banyak kesalahan. Tidak semua tentunya pemberitaan tersebut salah menggambarkan Bule Hunter: Money, Sex and Love. Namun ada beberapa artikel 1. Ini yang Disuka Wanita Lokal Saat Ngeseks; 2. Cerita Bule Hunter Banting Harga Demi Gaet Si Om Blonde Pelit; 3. Gosip Ala ‘Bule Hunter’ dari Urusan Ranjang Sampai Sex Toys dan juga Di Mata Pria Bule, 4. Wanita Berbokong Sekel Lebih Seksi yang menurut saya salah menangkap maksud buku saya Bule Hunter: Money, Sex and Love.

Contohnya penggunaan terminologi ‘Bule Hunter’ di artikel berjudul ‘Cerita Bule Hunter Banting Harga Demi Gaet Si Om Blonde Pelit‘. Saya sudah dengan sangat hati-hati menyebut perempuan-perempuan yang memang pekerja seks di buku saya sebut sebagai pekerja seks komersial namun justru dalam pemberitaan tersebut terminologi Bule Hunter digunakan untuk menggambarkan sebagai sebuah profesi pekerja seks komersial.

Padahal buku tersebut justru saya ini ingin menantang penggunaan terminologi “Bule Hunter”. Bahwa apakah semua orang yang dipanggil “Bule Hunter” itu betul masuk ke definisi “Bule Hunter” yang dianggap negatif seperti pekerja seks atau perempuan murahan. Justru sebaliknya itu tidak benar karena pengalaman wanita-wanita di buku Bule Hunter: Money, Sex and Love. Buku saya ini ingin mendobrak stereotype tersebut.

Kalaupun ketika menulis buku ini terungkap pendapat-pendapat individu termasuk pendapat-pendapat saya seperti terkait ukuran, itu pendapat pribadi yang tidak mencerminkan fakta ilmiah di lapangan.

Justru maksud buku “Bule Hunter: Money, Sex and Love” adalah membuka pendapat-pendapat itu sehingga kita bisa bicara lebih lantang lagi terkait dengan hal-hal yang dianggap taboo tapi sesungguhnya sangat esensial atau merupakan bagian dari benang-benang yang mengikat bangsa kita saat ini, yakni tentang hubungan antar budaya dan ras. Hal-hal inilah yang ingin saya bawa ke permukaan dengan maksud membuka wacana.

“Ini lho ada perempuan-perempuan yang berhubungan dengan laki-laki kaukasoid atau bule dan selama ini perempuan-perempuan ini diberi label bule hunter yang mana selama ini berkonotasi negatif.”

Melalui buku Bule Hunter: Money, Sex and Love, saya ingin mendobrak terminologi dengan membuka lapisan bawangnya dengan wawancara dengan perempuan-perempuan yang kerap dianggap Bule Hunter, termasuk saya sendiri.

Jadi tidak tepat pada artikel 1. Ini yang Disuka Wanita Lokal Saat Ngeseks; 2. Cerita Bule Hunter Banting Harga Demi Gaet Si Om Blonde Pelit; 3. Gosip Ala ‘Bule Hunter; dari Urusan Ranjang Sampai Sex Toys dan juga Di Mata Pria Bule, 4. Wanita Berbokong Sekel Lebih Seksi membuat seakan-akan ingin mengeneralisi perempuan-perempuan ini dianggap Bule Hunter. Justru salah!

Perempuan-perempuan ini dianggap Bule Hunter dan saya ingin menantang penggunaan stereotype tersebut. Warna-warna apa saja sih yang ada? Ya silahkan anda membaca dan membeli buku saya sehingga anda bisa tahu. Finally, this book is about Indonesian women, who have been judged unfairly to be Bule Hunter just because being with Caucasian Man.

==@==

Tulisan ini dipublikasikan oleh merdeka.com pada tanggal 9 September 2014

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s