Bule Hunter, Cerita Wanita-wanita ‘Pemburu Bule’

Jakarta – Tak sedikit wanita Indonesia yang mendambakan memiliki kekasih atau suami pria asing. Alasannya pun berbagai macam mulai dari lebih romantis, tegas, hingga ingin memperbaiki keturunan.

Ketertarikan wanita Indonesia pada pria bule ini dirangkum dalam sebuah buku berjudul ‘Bule Hunter’. Buku yang ditulis oleh Elisabeth Oktofani ini berisi berbagai kisah nyata para wanita yang gemar ‘berburu’ pria asing sehingga mendapat julukan Bule Hunter.

Para wanita yang ceritanya ada di buku tersebut mencari pria asing untuk dijadikan kekasih, suami atau hanya sekadar TTM. Dalam buku Bule Hunter ini terdapat cerita-cerita dari beberapa narasumber yang disamarkan namanya, yang rela melakukan apapun untuk mendapatkan bule, termasuk soal seks dan percintaan.

Ketika disambangi dalam peluncuran bukunya, Elisabeth Oktofani mengaku tujuannya menulis buku ini adalah untuk mengekspos cerita-cerita yang ada di tengah-tengah kehidupan sekitar. “Banyak orang yang tidak melihat bahwa fenomena ini sebenarnya memang ada dan nyata di dalam kehidupan sehari-hari, jadi tidak perlu ditutup-tutupi,” jelasnya ketika diwawancara Wolipop di Reading Room, Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (10/09/2014). Tujuan lain ditulisnya buku ini ialah, ingin menggambarkan bahwa sesungguhnya tidak ada perbedaan dalam menjalani hubungan antar bangsa.

Wanita yang berprofesi sebagai wartawan ini mengaku sebenarnya keinginannya menulis buku sudah sejak lama. Namun karena pencarian narasumber yang cukup sulit, proses penulisan buku memakan waktu kurang lebih dua tahun. Wanita 27 tahun ini sampai menyambangi klub malam untuk mencari narasumbernya.

Peluncuran buku Bule Hunter ini dihadiri oleh aktivis perempuan Myra Diarsih. Myra melihat buku tersebut bisa menjadi pendobrak cara pandang kaum wanita muda yang berani mempertanyakan secara kritis apa yang terjadi di sekitar mereka, serta memaparkan hal-hal yang dianggap kurang layak untuk diperbincangkan serta sebagai pembelajaran yang luar biasa. Buku Bule Hunter dijual seharga Rp 65 ribu.

==@==

Tulisan ini dipublikasikan oleh Wolipop pada tanggal 10 Sept.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s