5 BUKU INI MENGGAMBARKAN KEBIASAAN ORANG INDONESIA BANGET

Lima Buku Ini Menggambarkan Kebiasaan Orang Indonesia Banget

Butuh bacaan bagus, lucu dan menghibur plus mengingatkan kamu dengan pengalaman masa muda—berarti sekarang nggak muda lagi ya? Hehehe…dekat dengan keseharian dan pastinya Indonesia banget? D! punya rekomendasi yang wookeh banget nih! Siap-siap ketawa dan bilang, “Oh iya ya…bener banget ini!”

1. Ngubek-ngubek Jakarte by Cai

Isi buku ini Jakarta bangeet. Buat yang udah pernah merasakan tinggal di Jakarta dengan segala keribetannya pasti bakalan tertawa di sela-sela membaca ataupun berujar, “Oh, iya! Ini pengalaman aku banget.” Dan seterusnya dan seterusnya. Buku ini pas banget buat para Jakartans untuk mengingatkan kenapa kita masih ada di kota ini dan buat Pop Patriotics yang berencana berkunjung ke ibukota, ini bisa jadi semacam pegangan deh biar bisa menikmati Jakarta lebiiiiiiiiiiiiiiih lagi.

2. Anak Kos Dodol by Dewi “Dedew” Rieka

Udah pernah difilmkan juga nih! Pokoknya koleksi buku-bukunya Dedew ini benar-benar menceritakan kisah anak kos ala Indonesia banget—terutama buat kamu-kamu pernah ngeksot di Jogja. Bukan karena setting-nya aja yang benar-benar “hidup” tetapi juga keseharian cerita seputar pengalaman anak kos yang bikin kita mengingat (atau mungkin masih) moment-moment ngirit uang, punya gebetan anak kos sebelah, kekompakan dengan teman-teman satu kos pokoknya seru banget deh!

3. Benny and Mice by Benny Rachmadi dan Muhammad “Mice” Misrad
Wah, kalau buku-buku komiknya Benny and Mice ini epic banget! Keseluruhan petualangan kedua tokoh di komik/buku ini; Benny dan Mice benar-benar menggambarkan keseharian orang Indonesia. Menariknya duo penulis ini punya setting cerita yang berbeda untuk setiap seri bukunya. Ada yang membahas kehidupan di Jakarta, Bali, hal-hal sederhana yang biasa dialami oleh orang Indonesia, sampai tipe-tipe orang Indonesia, beda turis dan orang Indonesia asli di tempat wisata dan hal-hal lainnya.
4. Bule Hunter by Elisabeth Oktofani
Mengambil setting di beberapa kota wisata di Indonesia, buku ini mengisahkan tentang perempuan-perempuan Indonesia yang menjalin hubungan dengan pria asing—apakah cinta beneran, cinta semalam ataupun cinta karena uang. Menariknya dari buku ini adalah mengangkat tema yang jarang untuk dituliskan oleh penulis perempuan Indonesia dan memang pada realitanya fakta ini benar-benar terjadi.
5. Kastana Taklukkan Jakarta by Soleh Solihun
Ditulis dengan apa adanya, blak-blakan ala Soleh Solihun membuat buku ini menarik untuk dibaca. Kisah perjuangan pemuda asal Bandung yang merantau ke Jakarta. Suka-duka jadi anak rantau—yah walau Bandung dan Jakarta hanya beberapa jam teuteup aja hitungannya anak rantau yak, bagaimana beradaptasi dengan ibukota. Pertanyaan-pertanyaan tentang hidup yang biasa kita dengar sejak kecil hidup di Indonesia; setamat SMA mau kuliah dimana, setelah kuliah ada pertanyaan susulan kapan lulus? Kapan kerja? Kapan kawin? Dan seterusnya dan seterusnya. Buku ini pas banget untuk kamu-kamu yang sedang mencari arti hidup—Mus Mujiono wannabe *lol*.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s